MENYAMBUT SEHAT DI KAMIJORO

Sebelum dilaksanakannya pendataan keluarga sehat di Desa Kamijoro, selaku petugas puskesmas mengadakan terlebih dahulu “Sosialisasi PIS-PK”. Karena menuju adanya pilihan kepala desa secara serentak di kabupaten Purworejo, tidak menghalangi kegiatan sosialisasi tersebut. Seperti biasanya Balai Desa setempat adalah tempat yang digunakan untuk kegiatan sosialisai, karena sedang masa tenang menuju pilkades, ada salah satu warga yang menawarkan rumahnya untuk pelaksaan kami mensosialisasikan kepada para warga.

Dengan kedatangan kita, warga menyambut dengan antusias, mereka berharap dengan adanya pendataan pis-pk ini kesehatan mereka akan semakin baik. Selaku petugas Puskesmas memberikan gambaran kepada warga bagaimana teknik pelaksanaan pendataan keluarga sehat tersebut.Kami juga mensosialisasikan 12 indikator kesehatan keluarga yang nantinya akan kami ulas diantaranya

A. PROGRAM GIZI, KESEHATAN IBU DAN ANAK

  1. Keluarga Mengikuti Kegiatan KB
  2. Ibu bersalin di fasilitas kesehatan
  3. Bayi mendapatkan imunisasi dasar lengkap
  4. Pemberian ASI Eksklusif Bayi 0-6 bulan
  5. Pertumbuhan Balita dipantau tiap bulan

B. PENGENDALIAN PENYAKIT MENULAR DAN TIDAK MENULAR

  1. Penderita TB Paru berobat sesuai standar
  2. Penderita Hipertensi berobat teratur
  3. Penderita gangguan jiwa berat tidak dilantarkan

C. PERILAKU DAN KESEHATAN LINGKUNGAN

  1. Tidak ada anggota keluarga yang merokok
  2. Keluarga mempunyai akses terhadap air bersih
  3. Keluarga menggunakan jamban sehat
  4. Keluarga mengikuti program JKN

KETIBAN DUREN DI KAMIJORO…


Pelaksanaan pendataan keluarga sehat di Kamijoro Alhamdulillah disambut gembira oleh para warga Desa Kamijoro. Tak disangka-sangka kamipun sebagai petugas pelaksanaan yang mendatangi rumah warga mendapatkan kejutan dengan dijatuhinya rejeki nomplok “Ketiban Duren”. Karena Desa Kamijoro merupakan salah satu destinasi wisata kuliner duren di Kecamatan Bener, dan saat pelaksaan pis-pk waktunya panen duren kamipun ikut merasakan duren kamijoro yang rasanya sungguh legit pokoknya mam mam mam mam..

 

Dalam pelaksanaan pendataan PIS-PK petugas bertemu langsung dengan sak pemilik rumah yang nantinya akan kami kaji tentang kesehatan dikeluarga tersebut. Kami datang ke satu persatu rumah dengan beberapa team yang tersebar di dusun tersebut.
Pertama-tama kami memperkenalkan diri dan mengutarakan maksud dan tujuan kedatangan kami, lalu kami mulai untuk mengkaji kesehatan di keluarga tersebut dengan menganamnesa seluruh anggota keluarga, memeriksa tekanan darah seluruh anggota keluarga, dilanjutkan meninjau lingkungan sekitar rumah, dan yang terakhir pemasangan stiker bukti keluarga tersebut sudah di datangi oleh petugas Puskesmas dan di dalam stiker tercantum nilai dari kesehatan keluarga tersebut.

MAJU MUNDUR CANTIIII…….KK

Pada saat terlaksananya pendataan keluarga sehat, tak jarang masing masing petugas kami menemui medan yang tidak pada umumnya hehe..karena kami sobo deso jadi banyak medan yang kami jumpai susah untuk dijangkau, baik berjalan kaki maupun sepeda motor. Banyak hutan juga yang kami lewati saat menuju rumah warga yang sedikit ke pojok desa atau mencil nan jauh disana.
Nah pada video tersebut terlihat bu bidan cantik yang motornya sedang mogok di tengah hutan, karena tak bisa melanjutkan perjalanan karena motor mogok jadi mereka pun berusaha putar balik, dan tak ada warga yang bisa membantu jadi mereka pun berusaha sendiri. Semangat bu bidan cantik, semangat “maju mundur cantik” hehe..

Share:

Leave comment