CERITA DIBALIK DESA SUKOWUWUH

Seperti biasa program kegiatan keliling desa yang dilakukan oleh petugas Puskesmas Bener lebih tepatnya Pendataan Keluarga Sehat (PIS-PK) tetap terlaksana dengan lancar di desa Sukowuwuh. Sebelum memulai kegiatan terlebih dahulu dilakukan sosialisasi kepada Kepala Desa, perangkat desa, kader dan tokoh masyarakat setempat, tentang teknisi atau rencana pelaksanaan yang akan dilakukan agar terwujudnya kegiatan yang sesuai dengan harapan. Sosialisasi dilakukan pada hari Jumat, 1 Maret 2019 bertempat di balai desa Sukowuwuh dan petugas Puskesmas yang memberikan sosialisasi yaitu ibu Atik Winarti, Amd.Keb, Wiki Christianto SKM, dan Mulyani Ujiyanti,Amd.Keb selaku bidan desa setempat.

Harapan dari segi kesehatan yang mana mengusung 12 indikator kesehatan yang nantinya menjadi fokus pemeriksaan. Yang terbagi dari Kesehatan Ibu dan Bayi, Penyakit menular dan tidak menular dan Perilaku kesehatan Lingkungan. Tidak hanya itu kami juga melakukan pemantauan lingkungan secara fisik, pemantauan air bersih, penggunaan kelambu dan perawataanya

 

HARAPAN BARU PENANTIAN

Pada saat pelaksanaan pendataan keluarga sehat kami dari petugas kesehatan dibagi menjadi beberpa tim yang nantinya akan menyebar ke penjuru desa, satu tim terbagi menjadi 2 orang. Karena Sukowuwuh termasuk desa yang luas dan medan juga tidak semuanya mudah untuk dilalui sehingga dari pihak desa membantu kami dengan mengirimkan pamongnya untuk mengantar kami ke tempat lokasi.

Waktu pelaksanaan cenderung hampir setiap hari turun hujan, sehingga semakin membuat medan susah untuk dilalui karena jalan yang terjal, curam dan licin membuat kami harus terpaksa berjalan kaki menuju ke lokasi karena ditakutkan dengan menggunakan kendaraan beroda 2 akan membahayakan diri sendiri. Ada beberapa lokasi rumah warga yang tidak bisa diakses oleh sepeda motor karena belum padat penduduk kaya Jakarta lah ya megapolitan. Kami sempat berfikir, bagaimana jika mereka sakit? dan semoga dengan adanya pendataan pispk warga tergugah dan mengubah pola hidup mereka terutama yang masih buang air besar sembarangan.

 

SPECIAL HOMEVISITE dr.NUNIK

Selama pelaksanaan pendataan keluarga sehat di desa Sukowuwuh, tak lupa bu dokter kita yang cantik dan baik hati ini, Ibu dr.Nunik Sulistyaningsih,M.Sc ikut serta atau turun ke lokasi untuk meninjau kesehatan masyarakat desa Sukowuwuh.

Warga yang kedatangan ibu dokter menyambut dengan suka cita dan mereka mengutarakan keluh kesah kepada bu dokter. Semoga dengan bertemu langsung antara warga dan bu dokter dapat memberikan semangat baru agar terwujudnya masyarakat sehat dan mandiri.

 

 

“dibalik awan yang hitam ada hujan yang siap membersihkan kemudian mucul pelangi, di balik senja yang perlahan menghilang kemudian terbitlah  pagi yang berseri. Adanya pendataan pispk terwujudnya keluarga sehat, Indonesia sehat dan nusantara sehat”

Share:

Comment on "CERITA DIBALIK DESA SUKOWUWUH"

Leave comment